Indeks

Contoh RPP SMA Kurikulum 2013 Revisi 2017 Panduan Lengkap

Contoh rpp sma kurikulum 2013 revisi 2017

Contoh RPP SMA Kurikulum 2013 revisi 2017: Panduan lengkap ini akan mengupas tuntas setiap elemen penting dalam merancang Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang berkualitas. Dari struktur yang komprehensif hingga materi pembelajaran yang relevan, penilaian yang efektif, dan contoh RPP lengkap untuk satu pertemuan, panduan ini akan menjadi teman setia bagi para guru dalam mengimplementasikan kurikulum terbaru.

Melalui analisis mendalam terhadap komponen-komponen RPP, kita akan memahami bagaimana setiap elemen saling terintegrasi untuk menciptakan proses pembelajaran yang optimal. Materi pembelajaran yang relevan dan kegiatan pembelajaran yang menarik akan dibahas secara rinci, serta contoh rubrik penilaian yang dapat diaplikasikan dalam praktik. Selain itu, contoh RPP lengkap akan memberikan gambaran nyata tentang implementasi kurikulum 2013 revisi 2017.

Struktur RPP SMA Kurikulum 2013 Revisi 2017: Contoh Rpp Sma Kurikulum 2013 Revisi 2017

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) merupakan dokumen penting dalam proses pembelajaran. Struktur RPP yang terstruktur dan lengkap akan memastikan pelaksanaan pembelajaran yang efektif dan terarah. RPP yang baik akan memberikan gambaran jelas tentang tujuan, materi, metode, dan penilaian yang akan digunakan.

Komponen-Komponen RPP

RPP SMA Kurikulum 2013 Revisi 2017 terdiri dari beberapa komponen yang saling berkaitan. Masing-masing komponen memiliki peran penting dalam merencanakan pembelajaran yang berkualitas.

Komponen Penjelasan Singkat
Identifikasi Identifikasi memuat data sekolah, mata pelajaran, kelas/semester, alokasi waktu, dan materi pokok yang akan dibahas.
Tujuan Pembelajaran Menyatakan kompetensi dasar yang akan dicapai siswa setelah mengikuti pembelajaran. Tujuan ini dirumuskan secara spesifik, terukur, dan dapat diamati.
Materi Pembelajaran Daftar materi yang akan disampaikan sesuai dengan kompetensi dasar. Materi disusun secara sistematis dan relevan dengan tujuan pembelajaran.
Metode Pembelajaran Strategi dan pendekatan yang akan digunakan dalam proses pembelajaran. Metode pembelajaran dipilih berdasarkan karakteristik materi dan siswa, serta tujuan pembelajaran yang ingin dicapai.
Kegiatan Pembelajaran Uraian kegiatan pembelajaran yang terstruktur, meliputi kegiatan pendahuluan, inti, dan penutup. Setiap kegiatan harus terhubung dengan tujuan pembelajaran dan materi yang akan disampaikan.
Penilaian Metode dan instrumen yang digunakan untuk mengukur pencapaian kompetensi siswa. Penilaian meliputi aspek pengetahuan, keterampilan, dan sikap.
Daftar Pustaka/Sumber Belajar Daftar sumber belajar yang digunakan dalam penyusunan RPP, seperti buku teks, website, dan lain-lain. Daftar ini sangat penting untuk mendukung kegiatan pembelajaran.

Contoh Format Penulisan

Berikut contoh format penulisan untuk setiap komponen RPP, yang diharapkan dapat memberikan gambaran lebih jelas.

  • Identifikasi:

    SMA Negeri 1 Kota X
    Mata Pelajaran: Matematika
    Kelas/Semester: XI/1
    Alokasi Waktu: 2 x 45 menit
    Materi Pokok: Persamaan Kuadrat

  • Tujuan Pembelajaran:

    Setelah mengikuti pembelajaran, siswa mampu menjelaskan pengertian persamaan kuadrat dengan benar, dan menyelesaikan persamaan kuadrat sederhana dengan tepat.

  • Materi Pembelajaran:

    Definisi persamaan kuadrat, bentuk umum persamaan kuadrat, cara menyelesaikan persamaan kuadrat dengan pemfaktoran, dan contoh soal.

  • Metode Pembelajaran:

    Diskusi, tanya jawab, pemberian contoh, dan latihan soal.

  • Kegiatan Pembelajaran:

    Pendahuluan: Apersepsi, motivasi, dan penyampaian tujuan pembelajaran. Inti: penjelasan materi, diskusi kelompok, latihan soal, dan penyelesaian contoh soal. Penutup: kesimpulan, refleksi, dan penugasan.

  • Penilaian:

    Tes tertulis berupa soal uraian dan pilihan ganda. Penilaian juga meliputi observasi terhadap sikap siswa dalam diskusi.

  • Daftar Pustaka/Sumber Belajar:

    Buku Matematika SMA Kelas XI, internet.

    Contoh RPP SMA kurikulum 2013 revisi 2017 memang penting, namun kita juga perlu melihat bagaimana penerapannya di jenjang pendidikan dasar. Misalnya, bagaimana jika kita bandingkan dengan RPP K13 revisi 2017 untuk SD kelas 4 semester 2? RPP k13 revisi 2017 sd kelas 4 semester 2 pasti menawarkan pendekatan yang berbeda, mencerminkan karakteristik belajar anak usia tersebut.

    Tentu saja, pembelajaran di jenjang SMA memiliki fokus dan kompleksitas yang berbeda. Namun, mempelajari berbagai contoh RPP di berbagai jenjang pendidikan bisa sangat bermanfaat untuk memperkaya wawasan kita tentang implementasi kurikulum 2013 revisi 2017, termasuk untuk memahami lebih dalam contoh RPP SMA kurikulum 2013 revisi 2017.

Materi Pembelajaran

Source: sch.id

Materi pembelajaran yang relevan dalam Kurikulum 2013 Revisi 2017 dirancang untuk mengembangkan pemahaman konseptual dan keterampilan berpikir kritis siswa. Pemilihan materi didasarkan pada kompetensi inti dan kompetensi dasar yang harus dicapai siswa pada setiap jenjang pendidikan.

Contoh Materi Pembelajaran Matematika

Berikut ini contoh materi pembelajaran Matematika untuk SMA kelas X, fokus pada aljabar. Materi ini dirancang untuk mengembangkan kemampuan siswa dalam menyelesaikan persamaan dan pertidaksamaan linier dan kuadrat, serta memahami konsep fungsi.

  1. Persamaan dan Pertidaksamaan Linier: Materi ini mencakup penyelesaian persamaan dan pertidaksamaan linier satu variabel dan dua variabel. Siswa akan belajar berbagai metode penyelesaian, seperti metode substitusi, eliminasi, dan grafik. Contoh: Menyelesaikan persamaan 2x + 5 = 11 dan menentukan daerah penyelesaian pertidaksamaan 3x – 2y < 6.

  2. Persamaan dan Pertidaksamaan Kuadrat: Materi ini fokus pada penyelesaian persamaan kuadrat dengan berbagai metode, seperti pemfaktoran, melengkapi kuadrat sempurna, dan rumus kuadratik. Siswa juga akan mempelajari pertidaksamaan kuadrat dan bagaimana menentukan daerah penyelesaiannya. Contoh: Menyelesaikan persamaan x 2
    -4x + 3 = 0 dan menentukan daerah penyelesaian pertidaksamaan x 2
    -5x + 6 > 0.

  3. Konsep Fungsi: Materi ini membahas definisi fungsi, notasi fungsi, dan berbagai jenis fungsi, seperti fungsi linier dan kuadrat. Siswa akan mempelajari cara menentukan domain, range, dan grafik fungsi. Contoh: Menentukan domain dan range dari fungsi f(x) = 2x + 1 dan menggambarkan grafiknya.

Contoh Kegiatan Pembelajaran

Kegiatan pembelajaran yang relevan dengan materi di atas dapat berupa diskusi kelompok, presentasi, latihan soal, dan penggunaan media pembelajaran seperti aplikasi interaktif.

  • Diskusi Kelompok: Siswa dibagi dalam kelompok kecil untuk mendiskusikan konsep dan menyelesaikan soal-soal terkait persamaan dan pertidaksamaan.
  • Presentasi: Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi dan menjelaskan pemahaman mereka tentang materi yang dipelajari.
  • Latihan Soal: Siswa berlatih mengerjakan berbagai soal latihan untuk menguji pemahaman mereka terhadap materi.
  • Aplikasi Interaktif: Penggunaan aplikasi interaktif dapat membantu siswa memahami konsep-konsep matematika dengan lebih mudah dan menarik.

Metode Pembelajaran

Metode pembelajaran yang dapat digunakan untuk menyampaikan materi-materi tersebut meliputi metode ceramah, diskusi, tanya jawab, penugasan, dan penggunaan media pembelajaran.

  • Ceramah: Guru menjelaskan konsep-konsep dasar materi.
  • Diskusi: Siswa berdiskusi untuk memecahkan masalah dan berbagi pengetahuan.
  • Tanya Jawab: Guru dan siswa saling bertanya dan menjawab untuk mengklarifikasi materi.
  • Penugasan: Guru memberikan tugas kepada siswa untuk memperdalam pemahaman mereka tentang materi.
  • Media Pembelajaran: Penggunaan alat peraga dan teknologi untuk memperjelas konsep.

Penilaian dalam RPP Kurikulum 2013 Revisi 2017

Penilaian merupakan komponen krusial dalam RPP Kurikulum 2013 Revisi 2017. Penilaian yang efektif dan terencana dengan baik memungkinkan guru untuk memantau pemahaman dan perkembangan siswa secara menyeluruh, sehingga proses pembelajaran dapat diadaptasi sesuai kebutuhan.

Rubrik Penilaian Keterampilan

Rubrik penilaian keterampilan sangat penting untuk mengukur kemampuan siswa dalam praktik, seperti berbicara, menulis, atau berkreasi. Rubrik ini memberikan panduan yang jelas mengenai kriteria yang dinilai, sehingga penilaian menjadi lebih objektif dan konsisten.

  • Kriteria Penilaian: Rubrik umumnya terdiri dari beberapa kriteria, seperti ketepatan, kreativitas, dan kejelasan. Setiap kriteria dijabarkan dalam beberapa tingkatan, misalnya: Sangat Baik, Baik, Cukup, dan Kurang. Setiap tingkatan dilengkapi dengan deskripsi yang spesifik mengenai perilaku atau hasil yang ditunjukkan siswa.
  • Contoh Rubrik Penilaian Presentasi: Berikut contoh rubrik penilaian untuk keterampilan presentasi.
    • Kejelasan: Presentasi disampaikan dengan jelas dan mudah dipahami. Isi materi terstruktur dan logis. (Sangat Baik, Baik, Cukup, Kurang)
    • Keterampilan Berbicara: Siswa mampu berbicara dengan lancar, percaya diri, dan menggunakan bahasa yang tepat. (Sangat Baik, Baik, Cukup, Kurang)
    • Kreativitas: Presentasi ditampilkan dengan kreativitas yang menarik dan berbeda. (Sangat Baik, Baik, Cukup, Kurang)

Instrumen Penilaian Pengetahuan

Instrumen penilaian pengetahuan dapat berupa tes tertulis, lisan, atau pengamatan. Penting untuk memilih instrumen yang sesuai dengan kompetensi yang akan diukur.

Contoh RPP SMA Kurikulum 2013 revisi 2017 memang kaya akan detail, namun bagaimana jika kita ingin melihat gambaran umum RPP untuk jenjang pendidikan yang lebih rendah? Seperti misalnya, bagaimana RPP disusun untuk tingkat SD? Nah, untuk memahami lebih dalam, mari kita telusuri rpp sd kurikulum 2013 revisi 2017. Setelah memahami perbedaan dan persamaan struktur antara keduanya, kita bisa kembali fokus pada kekayaan detail dalam contoh RPP SMA Kurikulum 2013 revisi 2017, menarik bukan?

  • Tes Tertulis: Contohnya soal pilihan ganda, isian singkat, essay, dan uraian. Soal harus disusun dengan cermat agar dapat mengukur pemahaman siswa secara utuh.
  • Tes Lisan: Berupa pertanyaan-pertanyaan yang diajukan secara langsung kepada siswa untuk mengukur pemahaman konseptual.
  • Pengamatan: Mengamati proses berpikir dan penyelesaian masalah siswa saat mengerjakan tugas. Catatlah langkah-langkah yang dilakukan siswa dan evaluasi keefektifannya.

Cara Penilaian dan Kriteria

Cara penilaian harus terdokumentasi dengan jelas dalam RPP. Kriteria penilaian harus spesifik, terukur, dan dapat diamati.

  • Skor Numerik: Penilaian dapat diberikan dalam bentuk skor numerik, misalnya 1-10, atau 1-4. Skor ini dapat dikonversi ke dalam kategori (misalnya A, B, C, D). Kriteria untuk setiap skor harus jelas.
  • Deskripsi Kinerja: Selain skor numerik, deskripsi kinerja juga dapat disertakan untuk memberikan gambaran yang lebih komprehensif tentang pencapaian siswa. Deskripsi ini menjelaskan secara detail capaian dan kekurangan siswa.
  • Penilaian Berkelanjutan: Penilaian dilakukan secara berkelanjutan untuk memantau perkembangan siswa dan memberikan umpan balik yang konstruktif.

Penerapan Penilaian Portofolio

Penilaian portofolio melibatkan pengumpulan karya siswa selama periode tertentu. Portofolio dapat digunakan untuk mengukur kemampuan siswa dalam berbagai aspek, seperti keterampilan berpikir kritis, pemecahan masalah, dan kreativitas.

  • Contoh: Siswa diminta mengumpulkan tugas-tugas, proyek, dan hasil karya lainnya. Guru memberikan umpan balik dan arahan pada setiap tahapan pengerjaan, sehingga siswa dapat terus memperbaiki kualitas karyanya.
  • Pengumpulan: Portofolio dapat berupa kumpulan tugas tertulis, gambar, presentasi, dan sebagainya.
  • Umpan Balik: Umpan balik yang diberikan guru pada setiap karya sangat penting untuk mendorong perbaikan dan pengembangan diri siswa.

Contoh RPP lengkap

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang baik dan benar sangat penting dalam memastikan proses pembelajaran berjalan efektif dan terarah. RPP harus detail, terstruktur, dan sejalan dengan tujuan pembelajaran. Contoh RPP berikut menunjukkan bagaimana RPP dapat disusun untuk satu kali pertemuan pembelajaran, mengacu pada standar Kurikulum 2013 revisi 2017.

Contoh RPP SMA Kurikulum 2013 revisi 2017 memang penting, tapi untuk memahami implementasinya secara utuh, kita juga perlu melihat konteks yang lebih luas, seperti silabus SMK Kurikulum 2013 revisi 2017 doc. Dokumentasi seperti silabus smk kurikulum 2013 revisi 2017 doc memberikan gambaran menyeluruh tentang alur pembelajaran. Dari sana, kita bisa melihat bagaimana materi pelajaran disusun, tujuan pembelajaran dirumuskan, dan bagaimana semua elemen ini saling terhubung.

Dengan pemahaman yang komprehensif, kita bisa merancang contoh RPP SMA Kurikulum 2013 revisi 2017 yang lebih efektif dan sesuai dengan standar kurikulum.

RPP untuk Mata Pelajaran Matematika

Contoh RPP ini dirancang untuk kelas X SMA, materi Persamaan Linear Dua Variabel (PLDV). RPP ini menunjukkan struktur lengkap yang meliputi kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, metode pembelajaran, media pembelajaran, kegiatan pembelajaran, penilaian, dan lampiran.

Contoh RPP SMA kurikulum 2013 revisi 2017 memang penting, namun kita juga perlu melihat bagaimana penerapannya di jenjang pendidikan dasar. Misalnya, bagaimana jika kita bandingkan dengan RPP K13 revisi 2017 untuk SD kelas 4 semester 2? RPP k13 revisi 2017 sd kelas 4 semester 2 pasti menawarkan pendekatan yang berbeda, mencerminkan karakteristik belajar anak usia tersebut.

Tentu saja, pembelajaran di jenjang SMA memiliki fokus dan kompleksitas yang berbeda. Namun, mempelajari berbagai contoh RPP di berbagai jenjang pendidikan bisa sangat bermanfaat untuk memperkaya wawasan kita tentang implementasi kurikulum 2013 revisi 2017, termasuk untuk memahami lebih dalam contoh RPP SMA kurikulum 2013 revisi 2017.

Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar, Contoh rpp sma kurikulum 2013 revisi 2017

Berikut ini adalah kompetensi inti dan kompetensi dasar yang akan dicapai dalam pembelajaran ini:

  • KI 3: Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
  • KI 4: Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
  • KD 3.2: Menganalisis persamaan linear dua variabel (PLDV) dan hubungan antar variabel.
  • KD 4.2: Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan persamaan linear dua variabel (PLDV).

Indikator Pencapaian Kompetensi

Indikator pencapaian kompetensi merupakan uraian yang lebih spesifik dari kompetensi dasar, sebagai acuan dalam proses pembelajaran.

  • Siswa dapat mengidentifikasi persamaan linear dua variabel.
  • Siswa dapat menentukan penyelesaian persamaan linear dua variabel.
  • Siswa dapat menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan PLDV.

Tujuan Pembelajaran

Tujuan pembelajaran menjelaskan apa yang diharapkan dicapai siswa setelah mengikuti pembelajaran.

  • Siswa mampu mengidentifikasi persamaan linear dua variabel dengan tepat.
  • Siswa mampu menentukan penyelesaian persamaan linear dua variabel dengan benar.
  • Siswa mampu menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan PLDV dengan langkah-langkah yang tepat.

Materi Pembelajaran

Materi pembelajaran meliputi definisi, contoh, dan metode penyelesaian persamaan linear dua variabel (PLDV).

  • Definisi PLDV
  • Bentuk umum PLDV
  • Metode penyelesaian PLDV (substitusi, eliminasi)
  • Contoh soal dan pembahasan

Metode Pembelajaran

Metode pembelajaran yang digunakan adalah diskusi kelompok, tanya jawab, dan pemberian tugas.

Kegiatan Pembelajaran

Kegiatan pembelajaran dibagi menjadi tiga tahap: kegiatan awal, kegiatan inti, dan kegiatan penutup.

Tahap Kegiatan
Kegiatan Awal Apersepsi, motivasi, penyampaian tujuan pembelajaran.
Kegiatan Inti Diskusi kelompok, tanya jawab, latihan soal.
Kegiatan Penutup Kesimpulan, refleksi, pemberian tugas rumah.

Penilaian

Penilaian dilakukan melalui observasi, tes tertulis, dan tugas proyek.

Pemungkas

Dalam merancang RPP yang efektif, kita telah melihat betapa pentingnya memahami struktur, materi, dan penilaian yang terintegrasi. Dengan contoh RPP lengkap, para guru dapat mengimplementasikan kurikulum 2013 revisi 2017 dengan lebih percaya diri. Semoga panduan ini memberikan inspirasi dan kemudahan dalam menyusun RPP yang berkualitas, mengarahkan siswa untuk mencapai kompetensi yang diharapkan.

Tanya Jawab (Q&A)

Apakah contoh RPP ini dapat digunakan untuk semua mata pelajaran?

Contoh RPP dalam panduan ini dapat menjadi acuan, tetapi perlu disesuaikan dengan materi dan karakteristik mata pelajaran masing-masing.

Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk membuat RPP yang baik?

Waktu yang dibutuhkan untuk membuat RPP bergantung pada kompleksitas materi dan tujuan pembelajaran. Perencanaan yang matang dan detail akan menghasilkan RPP yang berkualitas.

Bagaimana cara menentukan materi pembelajaran yang tepat?

Materi pembelajaran harus selaras dengan kompetensi dasar yang akan dicapai dan disesuaikan dengan kebutuhan siswa.

Apakah penilaian portofolio harus diterapkan dalam semua RPP?

Penilaian portofolio dapat diterapkan, tetapi tidak wajib untuk semua mata pelajaran. Pilihannya tergantung pada kompetensi yang dinilai dan tujuan pembelajaran.

Exit mobile version