Teknik Think-Pair-Share: Membangun Komunikasi Siswa yang Efektif

Teknik think-pair-share dalam membangun komunikasi siswa

Teknik think-pair-share dalam membangun komunikasi siswa – Teknik think-pair-share, sebuah strategi pengajaran yang inovatif, telah terbukti efektif dalam membangun keterampilan komunikasi siswa. Pendekatan ini memberdayakan siswa untuk berpikir kritis, berkolaborasi, dan mengomunikasikan ide-ide mereka secara jelas.

Dengan tahapan berpikir individu, berbagi berpasangan, dan diskusi kelas, teknik think-pair-share menciptakan lingkungan yang mendorong partisipasi aktif dan pembelajaran yang mendalam.

Table of Contents

Pengertian Teknik Think-Pair-Share: Teknik Think-pair-share Dalam Membangun Komunikasi Siswa

Teknik think-pair-share merupakan strategi pembelajaran kolaboratif yang memungkinkan siswa memproses dan memahami informasi secara mendalam.

Dalam teknik ini, siswa diberikan waktu untuk berpikir secara individu tentang suatu topik (think). Kemudian, mereka dipasangkan untuk mendiskusikan pemikiran mereka (pair). Terakhir, pasangan tersebut berbagi pemahaman mereka dengan seluruh kelas (share).

Teknik think-pair-share sangat efektif dalam membangun komunikasi siswa karena memungkinkan mereka untuk memproses informasi secara mandiri, berdiskusi dengan teman sebaya, dan berbagi perspektif mereka. Strategi ini melengkapi Strategi pembelajaran adaptif , yang menyesuaikan instruksi dengan gaya belajar individu siswa. Dengan menggabungkan think-pair-share dengan strategi adaptif, guru dapat menciptakan lingkungan belajar yang inklusif di mana semua siswa dapat berhasil, karena mereka didorong untuk terlibat dalam proses pembelajaran secara aktif dan kolaboratif.

Tahapan Teknik Think-Pair-Share

  1. Think:Siswa diberi waktu untuk berpikir secara mandiri tentang topik yang diberikan.
  2. Pair:Siswa dipasangkan untuk mendiskusikan pemikiran mereka, membangun ide, dan mengklarifikasi pemahaman.
  3. Share:Pasangan berbagi hasil diskusi mereka dengan seluruh kelas, memperkaya pemahaman kolektif.

Manfaat Teknik Think-Pair-Share

Teknik think-pair-share menawarkan berbagai manfaat bagi komunikasi siswa. Penelitian telah menunjukkan bahwa pendekatan ini meningkatkan pemahaman, kolaborasi, dan keterlibatan siswa.

Tahap Berpikir

Pada tahap berpikir, siswa memproses informasi secara individu, membangun pemahaman dasar tentang topik. Ini mendorong pemikiran kritis dan fokus pada konten.

Tahap Berpasangan

Dalam tahap berpasangan, siswa mendiskusikan ide-ide mereka dengan teman sebaya. Kolaborasi ini memperkuat pemahaman, karena siswa saling menjelaskan dan memperluas perspektif mereka.

Tahap Berbagi

Tahap berbagi memungkinkan siswa untuk mempresentasikan ide-ide mereka di depan kelas. Ini meningkatkan kepercayaan diri, keterampilan komunikasi, dan kemampuan mereka untuk mengartikulasikan pemikiran mereka dengan jelas.

Tahap Manfaat
Berpikir Membangun pemahaman dasar, berpikir kritis
Berpasangan Memperkuat pemahaman, kolaborasi
Berbagi Meningkatkan kepercayaan diri, keterampilan komunikasi

“Teknik think-pair-share adalah cara yang efektif untuk meningkatkan keterlibatan siswa dan memfasilitasi pemahaman yang lebih dalam.”Dr. Sarah Jones, Profesor Pendidikan

Langkah-Langkah Menerapkan Teknik Think-Pair-Share

Teknik Think-Pair-Share adalah strategi kooperatif yang mendorong siswa untuk berpikir kritis dan berkolaborasi secara berpasangan. Langkah-langkahnya meliputi:

Tahap Berpikir (Think)

  • Guru memberikan pertanyaan atau topik untuk dipikirkan secara individu.
  • Siswa memiliki waktu untuk merenungkan dan mengembangkan ide secara diam-diam.

Tahap Berpasangan (Pair)

  • Siswa dipasangkan secara acak atau berdasarkan kemampuan.
  • Pasangan mendiskusikan ide-ide mereka, membangun pemikiran satu sama lain.
  • Fasilitator memastikan semua pasangan terlibat dan fokus.

Tahap Berbagi (Share)

  • Pasangan berbagi hasil diskusi mereka dengan seluruh kelas.
  • Kelas membahas berbagai perspektif dan memperkaya pemahaman kolektif.
  • Guru merangkum poin-poin utama dan memfasilitasi diskusi lebih lanjut.

Variasi Teknik Think-Pair-Share

Teknik think-pair-share memiliki beberapa variasi yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan siswa yang berbeda. Variasi ini mencakup:

Diskusi Round Robin

Dalam diskusi round robin, siswa membentuk lingkaran. Guru mengajukan pertanyaan atau topik, dan setiap siswa secara bergiliran memberikan pendapat atau tanggapan mereka. Variasi ini mendorong semua siswa untuk berpartisipasi dan berbagi ide.

Grup Kecil

Teknik think-pair-share dapat diadaptasi untuk grup kecil. Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok yang lebih kecil, dan setiap kelompok mendiskusikan pertanyaan atau topik yang diberikan. Variasi ini memungkinkan siswa untuk bekerja sama dan berkolaborasi dalam kelompok yang lebih kecil.

– Tantangan dan Hambatan dalam Menerapkan Teknik Think-Pair-Share

Penerapan teknik think-pair-share dalam membangun komunikasi siswa dapat menghadapi sejumlah tantangan dan hambatan.

Teknik think-pair-share yang ampuh dalam membangun komunikasi siswa kini diperkuat dengan Model flipped classroom yang meningkatkan partisipasi siswa . Siswa diberi materi secara mandiri di luar kelas, sehingga di dalam kelas mereka lebih aktif berdiskusi dan mengaplikasikannya. Teknik think-pair-share menjadi sarana yang tepat untuk mendorong siswa berpikir kritis, berkolaborasi, dan mengomunikasikan ide-ide mereka secara efektif.

Salah satu tantangannya adalah siswa yang tidak terbiasa dengan teknik ini dan merasa tidak nyaman untuk berbagi ide mereka. Hal ini dapat menyebabkan partisipasi yang rendah dan diskusi yang tidak produktif.

Saran Mengatasi Hambatan

  • Siapkan siswa dengan memberikan instruksi yang jelas dan berlatih teknik ini dalam kelompok kecil.
  • Tetapkan aturan dasar untuk diskusi dan pastikan semua siswa memiliki kesempatan untuk berbicara.

Hambatan lainnya adalah siswa yang mendominasi diskusi, sementara siswa lain merasa terintimidasi untuk berpartisipasi. Ini dapat menciptakan lingkungan belajar yang tidak adil dan menghambat perkembangan komunikasi semua siswa.

Saran Mengatasi Hambatan

  • Tetapkan aturan dasar yang jelas dan menegakkannya selama diskusi.
  • Dorong siswa yang pendiam untuk berpartisipasi dan berikan mereka kesempatan untuk berbagi ide mereka.

Selain itu, manajemen waktu yang tidak efektif juga dapat menjadi hambatan. Jika siswa tidak memiliki cukup waktu untuk berpikir dan berbagi, teknik ini mungkin tidak efektif. Hal ini dapat menyebabkan diskusi yang terburu-buru dan tidak mendalam.

Saran Mengatasi Hambatan

  • Berikan waktu yang cukup untuk setiap tahap teknik dan gunakan pengatur waktu untuk memastikan manajemen waktu yang efektif.
  • Sederhanakan tugas atau bagi menjadi bagian-bagian yang lebih kecil jika perlu.

Terakhir, materi pelajaran yang tidak cocok untuk teknik ini juga dapat menjadi hambatan. Teknik think-pair-share mungkin tidak efektif untuk materi pelajaran yang sangat teknis atau memerlukan pemahaman yang mendalam.

Saran Mengatasi Hambatan

  • Pilih materi pelajaran yang relevan dan menarik yang sesuai untuk diskusi.
  • Modifikasi teknik agar sesuai dengan materi pelajaran tertentu.

Dampak Teknik Think-Pair-Share pada Keterampilan Komunikasi Siswa

Teknik think-pair-share merupakan strategi pengajaran kooperatif yang terbukti efektif dalam meningkatkan keterampilan komunikasi siswa. Teknik ini mendorong siswa untuk berpikir kritis, berbagi ide, dan mengembangkan keterampilan berbicara dan mendengarkan.

Peningkatan Keterampilan Berbicara

Teknik think-pair-share memberikan kesempatan bagi siswa untuk memproses informasi secara individu, berpasangan, dan kemudian berbagi ide dengan seluruh kelas. Hal ini mendorong siswa untuk mengartikulasikan pemikiran mereka secara jelas dan meyakinkan.

Pengembangan Keterampilan Mendengarkan

Dalam tahap “pair”, siswa berdiskusi dan mendengarkan perspektif satu sama lain. Ini mengembangkan keterampilan mendengarkan aktif, karena siswa harus memahami dan menanggapi ide rekan mereka.

Teknik think-pair-share merupakan strategi efektif untuk membangun komunikasi siswa. Dengan memberikan kesempatan untuk berpikir secara mandiri dan berbagi ide dengan rekan, siswa mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan kerja sama. Selain itu, metode pembelajaran eksperiential untuk pelajaran sains, seperti praktikum laboratorium , dapat memperkaya pengalaman belajar siswa.

Melalui eksperimen langsung, siswa memperoleh pemahaman yang lebih mendalam tentang konsep sains dan mengembangkan kemampuan berpikir ilmiah. Dengan mengintegrasikan teknik think-pair-share dalam metode pembelajaran eksperiential, siswa dapat mengolah dan mengomunikasikan temuan mereka secara efektif, sehingga memperkuat pemahaman mereka.

Peningkatan Keterampilan Presentasi

Teknik think-pair-share memberikan platform bagi siswa untuk mempresentasikan ide-ide mereka kepada audiens. Hal ini membangun kepercayaan diri dan keterampilan presentasi, karena siswa berlatih mengomunikasikan informasi secara efektif.

Peran Guru

Guru memainkan peran penting dalam memfasilitasi teknik think-pair-share. Mereka harus memberikan instruksi yang jelas, mengatur waktu secara efektif, dan menciptakan lingkungan belajar yang positif.

Perbandingan dengan Strategi Pengajaran Lain

Dibandingkan dengan strategi pengajaran lain, seperti diskusi kelompok atau debat, teknik think-pair-share menawarkan beberapa keunggulan:

  • Memberikan waktu bagi siswa untuk berpikir dan memproses informasi secara individu.
  • Menciptakan lingkungan yang lebih inklusif, karena semua siswa berpartisipasi.
  • Membantu siswa mengembangkan keterampilan komunikasi yang lebih kuat melalui latihan berulang.

Adaptasi untuk Gaya Belajar Berbeda

Teknik think-pair-share dapat diadaptasi untuk memenuhi kebutuhan gaya belajar yang berbeda:

  • Siswa visual dapat menggunakan gambar atau grafik untuk memvisualisasikan ide-ide mereka.
  • Siswa auditori dapat merekam diskusi mereka dan mendengarkannya kembali.
  • Siswa kinestetik dapat menggunakan gerakan atau permainan untuk mengekspresikan ide-ide mereka.

Tips Praktis untuk Guru

  • Berikan instruksi yang jelas dan spesifik.
  • Atur waktu secara efektif untuk setiap tahap.
  • Dorong siswa untuk berpartisipasi aktif.
  • Berikan umpan balik yang membangun.
  • Ciptakan lingkungan belajar yang positif dan inklusif.

Penerapan Teknik Think-Pair-Share di Berbagai Mata Pelajaran

Teknik think-pair-share dapat diterapkan secara efektif di berbagai mata pelajaran, termasuk bahasa, matematika, dan sains. Teknik ini memungkinkan siswa untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis, komunikasi, dan kolaborasi mereka.

Teknik think-pair-share mendorong siswa untuk merefleksikan pemikiran mereka sendiri sebelum berbagi dengan teman sebaya. Pendekatan ini melatih keterampilan komunikasi dan berpikir kritis. Pendekatan holistik dalam mengajar seni rupa mengintegrasikan keterampilan teknikal, estetika, dan konseptual , mirip dengan think-pair-share yang menekankan pada kolaborasi dan refleksi diri.

Dengan demikian, teknik think-pair-share menjadi alat yang berharga untuk membangun komunikasi siswa, baik dalam konteks seni rupa maupun bidang studi lainnya.

Bahasa

  • Membaca Pemahaman:Siswa membaca teks secara mandiri (think), kemudian berpasangan untuk mendiskusikan dan memahami teks (pair), dan akhirnya berbagi pemahaman mereka dengan seluruh kelas (share).
  • Menulis:Siswa mengembangkan ide secara mandiri (think), kemudian berpasangan untuk berbagi dan menyempurnakan ide (pair), dan akhirnya menulis draf final (share).

Matematika

  • Pemecahan Masalah:Siswa memecahkan masalah secara mandiri (think), kemudian berpasangan untuk membandingkan strategi dan solusi (pair), dan akhirnya mempresentasikan solusi mereka kepada kelas (share).
  • Geometri:Siswa mengeksplorasi bentuk dan pola secara mandiri (think), kemudian berpasangan untuk mengidentifikasi sifat dan hubungan (pair), dan akhirnya berbagi temuan mereka dengan kelas (share).

Sains

  • Investigasi Eksperimental:Siswa mengembangkan hipotesis secara mandiri (think), kemudian berpasangan untuk merancang dan melakukan eksperimen (pair), dan akhirnya menyajikan hasil dan kesimpulan mereka kepada kelas (share).
  • Pembelajaran Berbasis Proyek:Siswa meneliti topik secara mandiri (think), kemudian berpasangan untuk mengembangkan proyek (pair), dan akhirnya mempresentasikan proyek mereka kepada kelas (share).

Strategi Penilaian untuk Teknik Think-Pair-Share

Teknik think-pair-share dalam membangun komunikasi siswa

Mengevaluasi efektivitas teknik think-pair-share sangat penting untuk mengoptimalkan penggunaannya dalam pembelajaran. Penilaian yang efektif dapat memberikan wawasan tentang keterlibatan siswa, pemahaman konsep, dan kemampuan komunikasi.

Ada beberapa strategi penilaian yang dapat digunakan untuk menilai teknik think-pair-share:

Observasi Informal

  • Pengamatan langsung selama sesi think-pair-share dapat memberikan wawasan tentang keterlibatan siswa, kolaborasi, dan kualitas diskusi.
  • Guru dapat mencatat perilaku siswa, seperti tingkat partisipasi, kualitas pertanyaan, dan penggunaan bukti.

Penilaian Diri

  • Siswa dapat melakukan penilaian diri untuk merefleksikan partisipasi mereka, pemahaman konsep, dan keterampilan komunikasi.
  • Penilaian diri dapat dilakukan melalui jurnal refleksi, skala peringkat, atau rubrik.

Penilaian Teman Sebaya

  • Siswa dapat menilai partisipasi dan keterampilan komunikasi teman sebayanya selama sesi think-pair-share.
  • Penilaian teman sebaya dapat memberikan umpan balik yang berharga dan mendorong akuntabilitas.

Produk Tertulis

  • Tugas tertulis, seperti ringkasan atau esai, dapat menilai pemahaman siswa tentang konsep yang dibahas selama sesi think-pair-share.
  • Tugas tertulis juga dapat menilai kemampuan komunikasi siswa dalam mengartikulasikan pemikiran dan ide mereka secara jelas.

Data Kuantitatif

  • Data kuantitatif, seperti jumlah pertanyaan yang diajukan atau tingkat partisipasi, dapat memberikan wawasan tentang keterlibatan siswa dan efektivitas sesi think-pair-share.
  • Data ini dapat dikumpulkan melalui observasi, penilaian diri, atau penilaian teman sebaya.

Penilaian yang komprehensif menggunakan kombinasi strategi ini dapat memberikan gambaran lengkap tentang efektivitas teknik think-pair-share. Hasil penilaian dapat digunakan untuk menginformasikan instruksi lebih lanjut, mengidentifikasi area untuk perbaikan, dan mempromosikan pertumbuhan siswa.

Pengembangan Profesional untuk Teknik Think-Pair-Share

Pengembangan profesional berkelanjutan sangat penting untuk guru yang ingin mengimplementasikan teknik think-pair-share secara efektif. Berbagai peluang pengembangan tersedia untuk mendukung guru dalam meningkatkan keterampilan mereka.

Pelatihan Tatap Muka

Pelatihan tatap muka memberikan kesempatan bagi guru untuk berinteraksi langsung dengan pelatih dan rekan kerja, berbagi pengalaman, dan mempraktikkan teknik secara langsung. Pelatihan ini dapat mencakup:

  • Lokakarya interaktif
  • Pelatihan berbasis simulasi
  • Studi kasus dan diskusi

Pelatihan Daring

Pelatihan daring menawarkan fleksibilitas dan kenyamanan, memungkinkan guru untuk belajar sesuai waktu dan kecepatan mereka sendiri. Opsi pelatihan daring meliputi:

  • Kursus online
  • Webinar
  • Modul pembelajaran mandiri

Lokakarya

Lokakarya adalah sesi singkat yang berfokus pada pengembangan keterampilan dan pengetahuan spesifik. Lokakarya tentang teknik think-pair-share dapat mencakup topik seperti:

  • Perencanaan dan pelaksanaan kegiatan
  • Diferensiasi instruksi
  • Penilaian dan umpan balik

Komunitas Praktik

Komunitas praktik adalah kelompok guru yang berkolaborasi untuk berbagi ide, sumber daya, dan dukungan. Komunitas praktik yang berfokus pada teknik think-pair-share dapat membantu guru:

  • Tetap mengikuti perkembangan praktik terbaik
  • Mempelajari dari pengalaman orang lain
  • Meningkatkan keterampilan dan kepercayaan diri mereka

Sumber Daya dan Pelatihan

Berbagai sumber daya dan pelatihan tersedia untuk mendukung guru dalam pengembangan profesional mereka, termasuk:

  • Artikel jurnal
  • Buku
  • Situs web
  • Video

– Uraikan langkah-langkah spesifik yang diambil untuk menerapkan teknik think-pair-share.

Penerapan teknik think-pair-share melibatkan langkah-langkah berikut:

  • Tahap Berpikir (Think):Siswa diberi waktu untuk merenungkan pertanyaan atau topik yang diberikan secara individu.
  • Tahap Berpasangan (Pair):Siswa berpasangan dan berbagi pemikiran, ide, dan pemahaman mereka.
  • Tahap Berbagi (Share):Pasangan siswa secara bergiliran mempresentasikan pemikiran kolektif mereka kepada seluruh kelas, mendorong diskusi dan pertukaran ide.

Infografis

Teknik Think-Pair-Share merupakan metode pengajaran kolaboratif yang dirancang untuk meningkatkan komunikasi dan pemahaman siswa. Teknik ini melibatkan tiga langkah utama:

  1. Think:Siswa diberikan waktu untuk berpikir sendiri tentang suatu topik atau pertanyaan.
  2. Pair:Siswa berpasangan dan berbagi pemikiran mereka satu sama lain.
  3. Share:Pasangan berbagi pemikiran mereka dengan seluruh kelas.

Manfaat Teknik Think-Pair-Share

  • Meningkatkan pemahaman siswa dengan memungkinkan mereka memproses informasi dalam beberapa cara.
  • Mendorong pemikiran kritis dan analitis.
  • Membangun keterampilan komunikasi dan presentasi.
  • Memfasilitasi pembelajaran kolaboratif dan kerja tim.
  • Menciptakan lingkungan belajar yang lebih inklusif dan partisipatif.

Studi Kasus

Sebuah studi yang dilakukan oleh University of California, Berkeley menemukan bahwa siswa yang menggunakan teknik Think-Pair-Share menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam pemahaman membaca dibandingkan dengan siswa yang menggunakan metode pengajaran tradisional.

Kesimpulan

Teknik Think-Pair-Share adalah metode pengajaran yang efektif untuk membangun komunikasi siswa dan meningkatkan pemahaman. Metode ini mudah diterapkan dan dapat diintegrasikan ke dalam berbagai pelajaran.

Teknik Think-Pair-Share

Think-pair-share (TPS) adalah teknik pembelajaran kooperatif yang dirancang untuk meningkatkan pemahaman dan keterlibatan siswa.

Proses TPS

Proses TPS melibatkan tiga langkah utama:

  1. Think:Siswa diberi waktu untuk berpikir sendiri tentang pertanyaan atau topik yang diberikan.
  2. Pair:Siswa dipasangkan dan berbagi ide mereka satu sama lain.
  3. Share:Pasangan berbagi ide mereka dengan seluruh kelas.

Manfaat TPS

  • Meningkatkan keterlibatan siswa
  • Mengembangkan keterampilan berpikir kritis
  • Memfasilitasi pemahaman yang lebih dalam
  • Membangun rasa kebersamaan dan kerja sama

Variasi TPS

Ada beberapa variasi TPS, masing-masing dengan kelebihan dan kekurangannya sendiri:

  • Think-pair-share individu:Siswa berpikir sendiri, lalu berbagi ide mereka dengan seluruh kelas.
  • Think-pair-square:Siswa berpikir sendiri, lalu membentuk kelompok berempat untuk berbagi ide.
  • Think-pair-share berpasangan:Pasangan siswa berpikir bersama, lalu berbagi ide dengan pasangan lain.

Efektivitas TPS

Penelitian telah menunjukkan bahwa TPS dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Sebuah studi yang dilakukan oleh Johnson dan Johnson (1989) menemukan bahwa siswa yang menggunakan TPS memiliki skor tes yang lebih tinggi daripada siswa yang tidak menggunakan teknik ini.

Kutipan Pakar

Teknik think-pair-share dalam membangun komunikasi siswa

Para pakar pendidikan sangat mendukung teknik think-pair-share sebagai metode pengajaran yang efektif.

Pakar pendidikan terkemuka, Dr. Frank Lyman, menyatakan, “Teknik think-pair-share mendorong siswa untuk berpikir secara mendalam, mengomunikasikan ide, dan belajar dari satu sama lain.” Ia menekankan bahwa teknik ini “membantu mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan kolaborasi yang penting untuk kesuksesan akademik dan profesional.”

Manfaat Akademis

  • Meningkatkan pemahaman materi pelajaran dengan mendorong siswa untuk mengartikulasikan dan mengklarifikasi pemikiran mereka.
  • Mengembangkan keterampilan berpikir kritis dengan memberikan kesempatan kepada siswa untuk menganalisis, mengevaluasi, dan mensintesis informasi.
  • Meningkatkan retensi memori dengan melibatkan siswa secara aktif dalam proses belajar dan memberikan kesempatan untuk mengulangi informasi.

Manfaat Sosial, Teknik think-pair-share dalam membangun komunikasi siswa

  • Membangun keterampilan komunikasi dengan memberikan siswa kesempatan untuk mengekspresikan ide dan mendengarkan perspektif orang lain.
  • Mendorong kerja sama dan kolaborasi dengan menciptakan lingkungan di mana siswa dapat bekerja sama untuk menyelesaikan tugas.
  • Meningkatkan rasa percaya diri dengan memberi siswa kesempatan untuk berbagi pemikiran mereka dan menerima umpan balik dari teman sebayanya.

Penutup

Penerapan teknik think-pair-share dalam pengajaran dapat secara signifikan meningkatkan keterampilan komunikasi siswa, membekali mereka dengan alat yang berharga untuk kesuksesan akademis dan profesional mereka di masa depan.

Informasi Penting & FAQ

Apa saja manfaat utama teknik think-pair-share?

Teknik ini meningkatkan pemahaman siswa, mendorong pemikiran kritis, memfasilitasi kolaborasi, dan meningkatkan keterampilan presentasi.

Bagaimana cara menerapkan teknik think-pair-share di kelas?

Berikan pertanyaan atau topik, minta siswa berpikir secara individu, membentuk pasangan untuk berbagi ide, dan kemudian mendiskusikan temuan mereka di kelas.

Bagaimana cara menilai efektivitas teknik think-pair-share?

Gunakan rubrik atau daftar periksa untuk mengevaluasi partisipasi siswa, kualitas diskusi, dan pemahaman konsep.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *