RPP PJOK SMP Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017: Panduan Lengkap ini menyoroti materi, struktur, metode pembelajaran, dan penilaian yang dibutuhkan guru. Bagaimana guru dapat merancang pembelajaran PJOK yang efektif dan sesuai dengan kebutuhan siswa di kelas 8?
Dokumentasi lengkap ini akan membahas secara detail materi pokok yang diajarkan, struktur RPP yang komprehensif, serta metode pembelajaran dan aktivitas siswa yang interaktif. Selain itu, strategi penilaian yang tepat akan dijelaskan, lengkap dengan contoh instrumen penilaian untuk memudahkan penerapannya di kelas.
RPP PJOK SMP Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) PJOK SMP Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 dirancang untuk mengembangkan kompetensi siswa dalam bidang jasmani, olahraga, dan kesehatan. RPP ini mencakup berbagai materi pokok yang bertujuan untuk membentuk karakter dan meningkatkan keterampilan fisik siswa.
RPP PJOK SMP kelas 8 kurikulum 2013 revisi 2017, sebenarnya sangat terkait erat dengan mata pelajaran lain, bukan? Misalnya, bagaimana kaitannya dengan pemahaman nilai-nilai karakter yang diusung oleh mata pelajaran lain, seperti Pendidikan Agama Islam? Nah, untuk memahami lebih dalam tentang hal ini, sangat membantu jika kita juga mempelajari RPP PAI SMP kurikulum 2013 edisi revisi 2017.
Dari sana, kita bisa menemukan bagaimana integrasi nilai-nilai agama dalam pembelajaran PJOK, yang pada akhirnya akan memperkaya pemahaman kita tentang tujuan pembelajaran yang lebih holistik. Pada akhirnya, mengembangkan RPP PJOK yang komprehensif dan relevan tetap menjadi fokus utama, yang sesuai dengan perkembangan siswa dan tuntutan kurikulum.
Materi Pokok dalam RPP PJOK SMP Kelas 8
Berikut ini adalah daftar materi pokok yang tercakup dalam RPP PJOK SMP Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017, disusun berdasarkan semester dan tema.
Semester | Tema | Materi Pokok | Penjelasan Singkat |
---|---|---|---|
1 | Kebugaran Jasmani | Komponen Kebugaran Jasmani | Materi ini meliputi penjelasan tentang berbagai komponen kebugaran jasmani, seperti kekuatan, daya tahan, kecepatan, kelincahan, dan keseimbangan. Siswa akan mempelajari cara mengukur dan meningkatkan komponen-komponen tersebut melalui berbagai aktivitas olahraga. |
1 | Kebugaran Jasmani | Permainan Bola Besar | Materi ini fokus pada pembelajaran dan pengembangan keterampilan bermain bola besar, seperti sepak bola, bola voli, atau bola basket. Termasuk strategi dasar, teknik dasar, dan peraturan permainan. |
1 | Kebugaran Jasmani | Senam | Materi ini akan mengkaji berbagai macam gerakan senam, termasuk senam lantai, senam irama, dan senam artistik. Siswa akan belajar koordinasi tubuh, kekuatan, dan kelenturan melalui latihan-latihan senam. |
2 | Aktivitas Fisik dan Kesehatan | Permainan Bola Kecil | Materi ini berfokus pada permainan bola kecil, seperti tenis meja, badminton, atau kasti. Siswa akan mempelajari teknik dasar, strategi, dan peraturan permainan masing-masing olahraga. |
2 | Aktivitas Fisik dan Kesehatan | Atletik | Materi ini mencakup berbagai cabang olahraga atletik, seperti lari, lompat jauh, lempar cakram, dan tolak peluru. Siswa akan mempelajari teknik dasar, strategi, dan pengembangan keterampilan dalam setiap cabang olahraga atletik. |
2 | Aktivitas Fisik dan Kesehatan | Renang | Materi ini akan membahas tentang renang, meliputi teknik dasar berenang seperti gaya bebas, gaya punggung, gaya dada, dan gaya kupu-kupu. Siswa akan belajar keselamatan di air dan meningkatkan kemampuan berenang. |
Ringkasan Materi Pokok
Materi-materi pokok tersebut dirancang untuk melengkapi pemahaman siswa tentang pentingnya aktivitas fisik dan kesehatan dalam kehidupan sehari-hari. Setiap materi disusun dengan memperhatikan prinsip-prinsip pembelajaran yang aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan (PAKEM). Melalui kegiatan pembelajaran, siswa diharapkan dapat mengembangkan kemampuan fisik, keterampilan motorik, dan sikap sportif.
Struktur dan Komponen RPP PJOK SMP Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) merupakan dokumen penting dalam proses pembelajaran. RPP PJOK SMP Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017, merupakan panduan bagi guru dalam merencanakan dan melaksanakan pembelajaran yang efektif dan bermakna. Struktur dan komponen RPP yang terstruktur dengan baik akan membantu guru dalam mengelola pembelajaran dengan optimal.
Struktur RPP
RPP PJOK SMP Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 umumnya terdiri dari beberapa bagian utama. Urutan dan rinciannya mungkin sedikit bervariasi tergantung pada kebijakan sekolah dan kebutuhan pembelajaran, tetapi umumnya mencakup hal-hal seperti identitas mata pelajaran, kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, metode pembelajaran, media dan alat, kegiatan pembelajaran, penilaian, dan lampiran.
Komponen-Komponen Penting
Komponen-komponen dalam RPP PJOK SMP Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 memiliki peran penting dalam mengarahkan proses pembelajaran. Berikut beberapa komponen penting yang harus diperhatikan:
- Identitas Mata Pelajaran: Mencantumkan nama mata pelajaran, kelas, semester, dan tahun ajaran.
- Kompetensi Inti (KI): Gambaran umum tentang kemampuan yang harus dimiliki peserta didik setelah mengikuti pembelajaran.
- Kompetensi Dasar (KD): Kemampuan spesifik yang harus dikuasai peserta didik setelah mengikuti pembelajaran.
- Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK): Tolak ukur pencapaian KD, yang lebih spesifik dan terukur.
- Tujuan Pembelajaran: Latar belakang dan tujuan pembelajaran. Merupakan pernyataan yang spesifik, terukur, dapat diamati, relevan, dan realistis.
- Materi Pembelajaran: Materi yang akan disampaikan kepada peserta didik, sesuai dengan KD dan IPK. Materi dapat berupa teori, praktik, dan contoh.
- Metode Pembelajaran: Cara yang digunakan untuk menyampaikan materi dan mengaktifkan peserta didik. Metode disesuaikan dengan materi dan karakteristik peserta didik.
- Media dan Alat: Bahan dan alat yang dibutuhkan dalam proses pembelajaran.
- Kegiatan Pembelajaran: Uraian kegiatan pembelajaran yang meliputi kegiatan pendahuluan, inti, dan penutup. Penjelasan yang rinci dan terstruktur.
- Penilaian: Cara dan alat yang digunakan untuk menilai pencapaian kompetensi peserta didik. Bentuk penilaian dapat berupa tes tertulis, unjuk kerja, portofolio, dan observasi.
- Lampiran: Dokumen pendukung seperti daftar hadir, lembar kerja siswa, dan sumber belajar.
Tabel Komponen RPP dan Fungsinya
Komponen | Fungsi |
---|---|
Identitas Mata Pelajaran | Mengidentifikasi mata pelajaran, kelas, semester, dan tahun ajaran. |
Kompetensi Inti (KI) | Menentukan kemampuan umum yang harus dimiliki peserta didik. |
Kompetensi Dasar (KD) | Menentukan kemampuan khusus yang harus dikuasai peserta didik. |
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK) | Memperinci kemampuan yang harus dikuasai peserta didik dan tolak ukur pencapaian. |
Tujuan Pembelajaran | Menentukan tujuan pembelajaran yang spesifik, terukur, dan terarah. |
Materi Pembelajaran | Menentukan materi yang relevan dan sesuai dengan KD dan IPK. |
Metode Pembelajaran | Menentukan cara menyampaikan materi dan mengaktifkan peserta didik. |
Media dan Alat | Menentukan alat dan media yang diperlukan dalam pembelajaran. |
Kegiatan Pembelajaran | Menjelaskan langkah-langkah pembelajaran yang terstruktur. |
Penilaian | Menentukan cara dan alat untuk menilai pencapaian peserta didik. |
Lampiran | Menyediakan dokumen pendukung untuk pembelajaran. |
Contoh Ringkas
Sebagai ilustrasi, berikut contoh ringkas dari beberapa komponen tersebut:
- Identitas Mata Pelajaran: PJOK, VIII, Semester 1, Tahun Ajaran 2023/2024
- Kompetensi Inti (KI): Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
- Kompetensi Dasar (KD): Menjelaskan berbagai jenis permainan bola besar dan teknik dasar dalam permainan bola besar.
- Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK): Menyebutkan 3 jenis permainan bola besar. Menjelaskan 2 teknik dasar dalam permainan sepak bola.
- Tujuan Pembelajaran: Peserta didik mampu menyebutkan 3 jenis permainan bola besar dan menjelaskan 2 teknik dasar dalam permainan sepak bola.
Penilaian dalam RPP PJOK SMP Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017
Penilaian dalam pembelajaran PJOK SMP kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 memiliki peran krusial dalam mengukur pemahaman dan keterampilan siswa. Penilaian yang tepat akan memberikan gambaran komprehensif tentang perkembangan siswa dalam berbagai aspek, mulai dari keterampilan motorik, kognitif, hingga afektif. Penilaian yang efektif juga membantu guru dalam mengidentifikasi kebutuhan belajar siswa dan menyesuaikan strategi pembelajaran selanjutnya.
Jenis-Jenis Penilaian
Penilaian dalam PJOK dapat menggunakan berbagai jenis, sehingga memungkinkan pengukuran yang lebih holistik. Jenis-jenis penilaian tersebut mencakup pengamatan, tes tertulis, dan portofolio.
RPP PJOK SMP kelas 8 Kurikulum 2013 revisi 2017, memang dokumen penting untuk perencanaan pembelajaran. Kita tahu, penyesuaian kurikulum ini memberikan tantangan tersendiri bagi guru. Nah, untuk memahami lebih dalam, kita bisa melihat contoh RPP untuk kelas lain, seperti rpp kls 4 k13 revisi 2017. Bagaimana cara guru mengadaptasi perubahan-perubahan ini?
Hal ini bisa menjadi kunci untuk merencanakan pembelajaran yang efektif di kelas 8, dan pada akhirnya, membantu siswa meraih hasil belajar yang optimal. Jadi, kembali ke RPP PJOK SMP kelas 8, bagaimana kita bisa memanfaatkan referensi ini untuk perencanaan yang lebih matang?
- Pengamatan: Penilaian ini dilakukan secara langsung terhadap kinerja siswa selama proses pembelajaran. Pengamatan dapat dilakukan terhadap keterampilan gerak, sikap sportif, kerja sama, dan lain sebagainya.
- Tes Tertulis: Tes tertulis dapat digunakan untuk mengukur pemahaman konsep, pengetahuan tentang aturan permainan, dan pemahaman tentang kesehatan dan keselamatan.
- Portofolio: Portofolio berisi kumpulan hasil karya siswa selama periode tertentu, seperti video latihan keterampilan gerak, catatan kemajuan latihan, atau laporan kegiatan ekstrakurikuler.
Cara Penilaian Pencapaian Siswa
Penggunaan berbagai jenis penilaian tersebut harus diintegrasikan untuk memperoleh gambaran yang komprehensif. Penilaian tidak hanya berfokus pada aspek kognitif, tetapi juga pada aspek psikomotorik dan afektif.
RPP PJOK SMP kelas 8 kurikulum 2013 revisi 2017, memang penuh tantangan. Kita perlu memahami alur pembelajaran yang komprehensif. Tentu, ini tak lepas dari pertimbangan silabus yang lebih luas. Seperti contohnya, bagaimana jika kita melihat silabus kelas 3 semester 2 SD kurikulum 2013 revisi 2018? Silabus kelas 3 semester 2 SD kurikulum 2013 revisi 2018 bisa jadi memberikan wawasan baru tentang penyusunan materi ajar.
Dengan memahami pola pembelajaran di jenjang yang lebih rendah, kita bisa merancang RPP PJOK SMP kelas 8 yang lebih terarah dan efektif. Tentu, kembali ke fokus utama, RPP PJOK SMP kelas 8 kurikulum 2013 revisi 2017 tetap menjadi kunci utama.
- Pengamatan: Pengamatan dilakukan secara sistematis dengan menggunakan lembar observasi yang berisi kriteria penilaian yang spesifik. Penilaian dapat dilakukan secara berkelompok atau individu, bergantung pada jenis keterampilan yang dinilai.
- Tes Tertulis: Tes tertulis dapat berupa soal pilihan ganda, isian singkat, atau essay. Soal harus diformulasikan dengan jelas dan mengacu pada kompetensi dasar yang telah ditentukan.
- Portofolio: Portofolio siswa harus dievaluasi secara berkala. Guru perlu memberikan umpan balik yang konstruktif untuk mendorong peningkatan kualitas karya siswa.
Contoh Instrumen Penilaian, Rpp pjok smp kelas 8 kurikulum 2013 revisi 2017
Jenis Penilaian | Instrumen |
---|---|
Pengamatan | Lembar Observasi Keterampilan Gerak Dasar, terdiri dari aspek-aspek seperti teknik gerakan, koordinasi, kecepatan, dan daya tahan. |
Tes Tertulis | Soal Pilihan Ganda: Menjelaskan manfaat olahraga tertentu terhadap kesehatan. Soal Essay: Menjelaskan prinsip-prinsip dasar bermain bola basket. |
Portofolio | Kumpulan video latihan keterampilan gerak, catatan kemajuan latihan, dan laporan kegiatan ekstrakurikuler. Evaluasi portofolio mempertimbangkan konsistensi, usaha, dan peningkatan. |
Integrasi Penilaian dalam Materi PJOK
Integrasi penilaian dalam materi PJOK menekankan pada pendekatan holistik. Setiap jenis penilaian perlu diintegrasikan agar dapat memberikan gambaran yang komprehensif tentang perkembangan siswa.
RPP PJOK SMP kelas 8 kurikulum 2013 revisi 2017 memang menantang, ya? Kita perlu memastikan perangkat pembelajarannya komprehensif. Nah, untuk memahami lebih dalam, kita bisa melihat contoh perangkat pembelajaran yang serupa, seperti perangkat pembelajaran k13 SD kelas 4 revisi 2017. Dengan melihat contoh-contoh ini, kita bisa mengidentifikasi poin-poin penting dan menyesuaikannya dengan kebutuhan pembelajaran PJOK di tingkat SMP.
Akhirnya, kembali ke RPP PJOK SMP kelas 8 kurikulum 2013 revisi 2017, bagaimana kita bisa menyusunnya agar sesuai dengan perkembangan zaman?
- Penilaian sikap, seperti sportifitas dan kerja sama, dapat diintegrasikan melalui pengamatan langsung selama pembelajaran.
- Penilaian pengetahuan, seperti pemahaman tentang aturan permainan, dapat diukur melalui tes tertulis.
- Penilaian keterampilan, seperti keterampilan gerak dasar, dapat diukur melalui pengamatan dan penilaian portofolio.
Penutupan Akhir: Rpp Pjok Smp Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017

Source: susercontent.com
Dengan memahami dan menerapkan RPP PJOK SMP Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017, guru dapat menciptakan pembelajaran yang menarik, bermakna, dan efektif bagi siswa. Semoga panduan ini dapat menjadi acuan yang berharga dalam meningkatkan kualitas pembelajaran PJOK di sekolah.
Panduan Pertanyaan dan Jawaban
Apa saja materi pokok yang dibahas dalam RPP ini?
RPP ini mencakup berbagai materi PJOK, termasuk materi yang sesuai dengan perkembangan fisik dan kognitif siswa kelas 8.
Bagaimana cara memilih metode pembelajaran yang tepat?
Pemilihan metode pembelajaran disesuaikan dengan materi dan karakteristik siswa. Metode yang interaktif dan menyenangkan lebih disarankan.
Apa saja jenis penilaian yang dapat digunakan?
RPP ini meliputi penilaian berbasis portofolio, tes tertulis, observasi, dan unjuk kerja.
Apakah contoh RPP PJOK Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 tersedia?
Contoh RPP dan instrumen penilaian dapat dirinci lebih lanjut dalam dokumen terkait.